~~~BALAI PENYULUHAN PERTANIAN (BPP) MODEL DI KABUPATEN SUMEDANG~~~

Pelatihan Pemberdayaan Kelompok P3A Mitra Cai

Kelompok Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Mitra Cai merupakan salah satu bentuk perkumpulan petani dengan kegiatan yang dikhususkan pada pengelolaan dan pembagian air irigasi. Manfaat dengan adanya kelompok P3A Mitra Cai ini, penggunaan air irigasi menjadi lebih efisien dan berkeadilan sehingga tidak menyebabkan terjadinya perselisihan diantara sesama petani pemakai air.

Guna mewujudkan suatu kelompok P3A Mitra Cai yang kuat dan mandiri, maka perlu dilakukan suatu upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia kelompok P3A Mitra Cai khususnya aspek pengetahuan, sehingga dapat mengelola kelompok P3A Mitra Cai secara lebih baik. Upaya yang dapat dilakukan adalah melakukan pelatihan pada kelompok P3A Mitra Cai.

Berkaitan dengan hal tersebut diatas, maka BPP Tanjungsari bekerjasama dengan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) pertanian tanaman pangan dan hortikultura wilayah Tanjungsari menyelenggarakan kegiatan pelatihan pemberdayaan bagi kelompok P3A Mitra Cai. Kagiatan pelatihan diselenggarakan di Kelompok P3A Mitra Cai "Pataruman", yang berlokasi di Dusun Karasak Desa Sukarapih Kecamatan Sukasari Kabupaten Sumedang dengan jumlah peserta pelatihan sebanyak 25 orang anggota kelompok. Pelatihan dilaksanakan sebanyak 6 tahap (6 kali pertemuan).
 
Fasilitator dalam kegiatan ini berasal dari penyuluh pertanian Desa Sukarapih, petugas dari UPTD Pertanian Wilayah Tanjungsari, Petugas dari Dinas Pekerjaan Umum (PU) serta dari BPP Tanjungsari. Dengan adanya kegiatan pelatihan ini, maka diharapkan kelompok P3A Mitra Cai Pataruman dapat lebih berdaya dan mandiri dalam mengelola air irigasi.
 
 
 
Posting by Nandang Sudrajat, SP



1 komentar:

kami para p3a kab smi yg tergabung dalam FKDI (forum koordinasi daerah irigasi irigasi) kab smi sangat mendukung dengan prog. ini,adapun utk para p3a kab sukabumi akan melaksanakan prog. wismp apl2,slamet para p3a yg ada di tanjung sari semoga lebih baik amiin.(by agam/p3a ktm cimuncang/FKDI)

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites