~~~BALAI PENYULUHAN PERTANIAN (BPP) MODEL DI KABUPATEN SUMEDANG~~~

Produk Olahan Kelompok Wanita Tani

Kelompok Wanita Tani (KWT) merupakan salah satu bentuk kelembagaan petani yang mana para anggotanya terdiri dari para wanita-wanita yang berkecimbung dalam kegiatan pertanian.  Berbeda dengan kelompok tani yang lainnya, kelompok wanita tani dalam pembinaannya diarahkan untuk mempunyai  suatu usaha produktif dalam skala rumah tangga yang memanfaatkan atau mengolah hasil-hasil pertanian maupun perikanan, sehingga dapat menambah penghasilan keluarga.

Kegiatan pembinaan kelompok wanita tani di wilayah Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Tanjungsari oleh para penyuluh mulai memperlihatkan hasil yang nyata. Hal ini karena beberapa Kelompok Wanita Tani telah berhasil menciptakan suatu produk olahan yang menjadi cirri khas dari masing-masing kelompok wanita tani tersebut.

Kelompok-kelompok wanita tani yang telah mempunyai produk olahan yang khas diantaranya :

1.       KWT Melati Asih Desa Cinanjung Kecamatan Tanjungsari
Melalui pembinaan yang terus menerus dari penyuluh wilayah binaan Desa Cinanjung, maka KWT Melati Asih telah melakukan pengolahan hasil umbi singkong menjadi makanan ringan yang dikenal dengan nama “kriwil”.  Jenis makanan ini dibuat dari parutan singkong yang di goring kemudian dibumbui.
Produk olahan lain dari KWT ini adalah ekstrak jahe dan ekstrak kunyit  yang dikonsumsi sebagai minuman kesehatan tradisional.
KWT melati asih juga telah membuat tepung kasava untuk menggantikan fungsi tepung terigu dalam pembuatan kue/bolu.

2.       KWT Tanjung desa Genteng Kecamatan Sukasari
KWT tanjung yang beralamat di dusun Genteng Desa Genteng Kecamatan Sukasari mempunyai produk olahan berupa pindang ikan mas dan setiap harinya KWT ini telah rutin memasarkan sebanyak 10 kg pindang ikan mas.
Melalui Program dari dinas perikanan, kini KWT Tanjung telah memperoleh bantuan peralatan berupa satu unit preezer untuk menyimpan ikan mas segar dan alat-alat untuk membuat pindang yang terdiri dari 25 unit panci presto dan 25 unit kompor gas.

1 komentar:

Bisa minta alamat atau no telp KWT Melati Asih Desa Cinanjung kecamatan Tanjung Sari... saya berminat dgn produksi olahannya.. terimakasih.

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites