~~~BALAI PENYULUHAN PERTANIAN (BPP) MODEL DI KABUPATEN SUMEDANG~~~

Varietas-varietas cabe Merah


NAMA :
Pepper (Ingg.), Capsicum annuum (Latin)) Famili: Solanaceae

ASAL:
Cabai berasal dari dunia baru (Meksiko, Amerika Tengah dan Pegunungan Andes di Amerika Selatan).  Penyebab rasa pedas pada cabai adalah capsaicin yang bervariasi menurut varietas dan dipengaruhi iklim.  Cuaca panas merangsang cabai menjadi lebih pedas.

DESKRIPSI:
Tanaman semak perennial berumur pendek, warna bunga tergantung spesies.  Sistem perakarannya agak menyebar, daun hati berbentuk hati lonjong atau bulat telur dengan letak yang berselang-seling. Batang utamanya tegak dan berkayu pada pangkalnya, dengan tinggi tanaman 30-75 cm.
Bunga pertama muncul dari puncak sumbu utama dan untuk selanjutnya akan muncul ketiak daun. Warna mahkota bunga putih sampai ungu. Buah dapat berwarna hijau atau ungu (muda) dan merah, jingga atau kuning (tua).  Bentuk buah bervariasi mulai dari linier, kerucut, bulat atau gabungan dengan posisi buah tegak, landai atau menggantung, tergantung kultivar.  

JENIS CABAI:
Cabai besar (Capsicum annuum)
Cabai merah (Chili Peppper (Ingg.), C. annuum var. longum (Latin))
Paprika (Bell Pepper (Ingg.),C. annuum var grossum)
Cabai hijau (C. annum var. annuum)
Cabai kecil/cabai rawit. (Tobasco pepper (Ingg.), C. futescens (Latin))
Cabai jemprit
Cabai ceplik
Cabai putih

Berikut beberapa VARIETAS CABAI MERAH yang telah dibudidayakan :
TM-999. 
Varietas cabai keriting hibrida ini memiliki pertumbuhan yang sangat kuat dan kokoh.  Pembungaannya berlangsung terus-menerus sehingga dapat dipanen dalam jangka waktu yang panjang.  Ukuran buahnya 12.5 cm x 0.8 cm dengan berat buah 5-6 g.  Rasanya sangat pedas, cocok untuk digiling dan dikeringkan.  Hasul per tanaman berkisar 0.8-1.2 kg.
TM 888.
 Varietas hibrida ini memiliki sosok tanaman yang besar dan daun lebih lebar dari TM 999. Adaptasi yang baik terhadap kondisi lingkungan yang panas, tahan serangan phytaphthora & anttraknosa. Panjang buah 13,5  x 1,4 cm dengan berat buah 7-8 g.
SALERO. 
Berpenampilan menarik seperti umumnya cabai keriting lo­kal.  Varietas ini memiliki adaptasi penanaman yang cukup luas dengan produktivitas per hektar cukup tinggi.
TARO. 
Varietas Taro mempunyai ukuran buah yang sedikit lebih besar dibandingkan caabai keriting TM-999.  Sosok tanamannya besar dan kekar dengan ruas percabangan panjang.  Tanaman ini mampu ber­produksi baik di dataran rendah sampai menengah ( sampai 1000 m dpl).  Hasil per tanaman berkisar 0.75-1.2 kg, tergantung kondisi terakhir tanaman.
KUNTHI.
 Mempunyai bentuk buah keriting, kulit kasar, ujung runcing, rasa pedas dan seragam seperti cabai keriting lokal.  Tanaman kokoh dan dapat beradaptasi di dataran rendaah, sedang sampai tinggi.  Masa panennya panjang sehingga produksi buahnya pun tinggi dengan potensi hasil 20 ton per hektar.  Kualitas buah yang ba­gus menyebabkan varietas ini dikonsumsi segar dalam bentuk cabai hijau maupun merah dan dapat dikeringkan.
CTH-01. 
Cabai keriting hibrida ini mempunyai bentuk buah yang benar-benar keriting.  Cabai ini mulai banyak ditanam petani, meskipun selama ini pengembangannya masih bertumpu pada daerah dataran rendah, namun cabai CTH-01 pun sebenarnya mampu berproduksi dan tumbuh dengan baik di datar­an menengah hingga tinggi.  Cabai ini cocok untuk konsumsi segar maupun dikeringkan, dengan produksi per hektanya mampu mencapai lebih dari 20 ton.
HOT BEAUTY.
Varietas cabai besar ini sering disebut dengan cabai TW. Buahnya mempunyai ukuran 13 x 1,4 cm dengan bobot 7,5 gram per buah. Rasa kurang pedasdan warna merah menggiurkan. Bentuk buah besar dan daging buah yang tipis. Tetap segar selama satu minggu sejak petik. Masa panen lebih panjang dan dapat ditanam di dataran rendah atau tinggi.
LONG CHILI.
Ukuran buah lebih besar dari hot beauty dan hero. Buah berukuran 18 x 2 cm dan bobot 18 gram per buah. Warna buah merah menyala saat masak. Bentuk buah ramping, kulit mulus dan berdaging tebal. Mampu berproduksi 2 kg per tanaman. Hanya mampu berproduksi di dataran tinggi 800-1500 m dpl.
HERO.
 Varietas ini berukuran 15 x 1,8 cm dan bobot rata-rata 16 gram per buah. Mampu berpraduksi 1,9-2,1 kg pertanaman. Cocok ditanam di daerah dengan ketinggian 400-800 m dpl, tapi bisa juga beradaptasi di dataran rendah 50-200 m dpl. Peka terhadap antraknosa, sehingga lebih baik ditanam pada musim kemarau.
RABU. 
Varietas ini cocok dikembangkan di dataran rendah sampai menengah (0-800 mdpl).  Penampakan tanaman kokoh dengan percabangan banyak serta bertajuk lebat dan kompak.   Varietas ini mempunyai kemurnian genetis tinggi sehingga dalam satu hamparan pertanaman tampak seragam.  Tahan terhadap serangan hama trips dan penyakit patek/antraksnosa.  Buahnya silindris lurus, ujung runcing, padat, daging tebal, rasa pedas dan warnanya merah tua mengkilap pada saat masaak.  Panen perdana berlangsung sekitar 70-75 HST (hari setelah tanam) dengan hasil 1.0-1,5 Kg/tanaman atau sekitar 18-27 ton/ha.  Buahnya tahan terhadap pengangkutan jarak jauh.
MARATON.
Seperti halnya Prabu, varietas Maraton pun cocok di tanam di dataran rendah sampai menengah.  Penampakan fisik tegak dan kokoh serta memiliki tajuk yang lebih lebat dan kompak.  Varietas ini mempunyai kemurnian genetik tinggi, tahan terhadap seranaan penyakit layu Pseudomonas, patek/antraksnosa, dan bercak daun bak­teri.  Sangat cocok ditanam  pada akhir musim kemaraau atau musim hujan.  Berat rata-rata per buah mencapai 12. 5-14.3 g.  Panen per­dana berlangsung sekitar 70-75 HST dengan hasil 1.0-1.5 Kg/tanaman atau sekitar 18-27 ton/ha.  Buahnya tahan dalam penyimpanan dan transportasi jarak jauh.
ARIMBI-513.
Memiliki penampilan yang kokoh serta cabang yang kekar dan lebar.  Varietas ini relatif tahan terhadap serangan hama dan penyakit, terutama layu bakteri.  Buahnya besar, halus ujung lan­cip, panjang 13 cm, diameter 2 cm, warna merah, kompak dan sangat berkualitas. Produksi buah berlangsung terus-menerus dan mulai dapat dipanen pada umur 80 HST.  Rata-rata produksi 1.25-1.5 Kg/tanaman atau 22.5-27.0 ton dengan populasi 18.000 tanaman per hektar.  Buahnya tahan pengangkutan jarak jauh dan dapat dipasarkan lokal maupun ekspor.
CAKRA PUTIH.
Varietas cabai rawit ini berwarna putih kekuningan yang berubah merah cerah saat masak.  Pertumbuhan tanman sangat kuat dengan membentuk banyak percabangan.  Posisi buah tegak ke atas dengan bentuk agak pipih dan rasa sangat pedas.  Mampu menghasilkan  buah 12 ton per hektarnya dengan rata-rata  300 buah per tanaman, dipanen pada umur 85-90 HST.  Cakra putih ini pun tahan terhadap serangan penyakit antraksnosa.
CAKRA HIJAU.
 Varietas cabai rawit ini mampu beradaptasi dengan baik di dataran rendah maupun tinggi.  Saat tanaman muda buahnya berwarna hijau dan setelah masak berubah merah.  Potensi hasilnya 600 g per tanaman atau 12 ton per hektar. Rasanya pedas, tahan ter­hadap serangan hama dan penyakit yang biasa menyerang cabai.  Panen berlangsung pada umur 80 HST

1 komentar:

Masukkan komentar Anda...kalau ada.bibit hero aq.mau bale dan barapa harga nxa 1.set?

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites