~~~BALAI PENYULUHAN PERTANIAN (BPP) MODEL DI KABUPATEN SUMEDANG~~~

Pembangunan Saluran Irigasi di Desa Mekarsari

Kegiatan usahatani padi sawah sangat tergantung pada ketersediaan air irigasi untuk mengairi lahan sawah terutama disaat musim kemarau. Selain ketersediaan air, sarana dan prasarana irigasi yang memadai sangat diperlukan guna dapat mengalirkan air irigasi ke lahan sawah sehingga air dapat digunakan secara efektif dan efisien.

Kondisi cuaca yang ekstrim pada tahun 2011, dampaknya sangat dirasakan oleh para petani padi sawah. Banyak lahan padi sawah yang gagal panen karena kekeringan, sehingga petani padi sawah banyaj yang mengalami kerugian.

Salah satu desa di wilayah kerja BPP Tanjungsari yang lahan sawahnya gagal panen akibat kekeringan adalah Desa Mekarsari Kecamatan Sukasari Kabupaten Sumedang. Di desa ini pada triwulan empat tahun 2011 terjadi kekeringan lahan sawah, yang disebabkan kurangnya ketersediaan air irigasi. 

Untuk membantu petani padi sawah di desa Mekarsari yang lahan sawahnya kekeringan dan gagal panen, maka penyuluh pertanian setempat yang berkoordinasi dengan UPTD Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Wilayah Tanjungsari melaporkan data kekeringan ke Dinas Pertanian Kabupaten Sumedang. Pada akhirnya para petani yang mengalami gagal panen mendapat bantuan uang pengganti biaya usahatani padi sawah dari Kementrian Pertanian. Pencairan uang penggantian biaya usahatani tersebut dilakukan pada bulan Desember 2011  melalui rekening kelompok tani Sawahlega Desa Mekarsari.

Selanjutnya guna memanfaatkan dana yang diperoleh kelompok, maka pengurus kelompok mengadakan musyawarah dengan anggota kelompok umtuk membahas mengenai rencana penggunaan dana bantuan dari Kementan tersebut. Kegiatan musyawarah kelompok tersebut menghasilkan suatu kesepakatan bahwa dana bantuan akan digunakan memperbaiki saluran irigasi yang rusak, sehingga air irigasi dapat mengairi lahan sawah yang kekeringan.

Pelaksanaan pembangunan saluran irigasi dilakukan dengan tenaga kerja swadaya dari anggota kelompok tani, yang dimonitoring oleh penyuluh pertanian Desa Mekarsari. Dengan adanya kegiatan pembangunan saluran irigasi ini, maka diharapkan pada musim kemarau lahan persawahan di Desa Mekarsari tidak ada yang kekeringan lagi

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites