~~~BALAI PENYULUHAN PERTANIAN (BPP) MODEL DI KABUPATEN SUMEDANG~~~

Pelaksanaan Sekolah Lapang Padi Gogo di Desa Pasigaran

Dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan serta mensukseskan program Peningkatan Beras Nasional  (P2BN), maka berbagai kegiatan di laksanakan di tingkat petani/kelompok tani baik dengan bantuan pendanaan dari pemerintah maupun swadaya petani. Kegiatan-kegiatan guna mendukung program tersebut diantaranya sekolah lapang pengelolaan tanaman terpadu (SLPTT) padi sawah dan padi gogo.

Bila dievaluasi, maka jumlah unit lokasi kegiatan SLPTT padi sawah lebih banyak dari SLPTT padi gogo. Hal ini dikarenakan oleh luas lahan padi sawah yang lebih banyak dari luas lahan padi gogo. Faktor yang lainnya karena produkstifitas padi gogo lebih rendah dari produktifitas padi sawah.

Salah satu kelompok tani binaan penyuluh pertanian BPP Tanjungsari yang kini sedang melaksanakan SLPTT padi gogo adalah kelompok Subur Tani, yang berlokasi di Desa Pasigaran Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang dengan penyuluh pertanian Ibu Popi Marlianti, A.Md. Pelaksanaan SLPTT padi gogo di kelompok tani ini telah berjalan sebanyak 10  pertemuan. Adapun materi yang disampaikan mengenai budidaya tanaman padi gogo berdasarkan konsep Pengelolaan Tanaman Terpadu (PTT) yang terdiri dari :

1. Varietas unggul baru (VUB)

2. Benih bermutu dan berlabel

3. Pemupukan berdasarkan kebutuhan tanaman dan status hara tanah

4. Pengendalian OPT (Organisme Pengganggu Tanaman)

5. Pengaturan populasi tanaman

6. Panen

7. Tindakan Konservasi Tanah


Dana  pelaksanaan SLPTT padi gogo ini berasal APBN, khususnya dari program SLPTT Padi Gogo Kementrian Pertanian Tahun anggaran 2011 melalui Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Sumedang. 

Semoga dengan adanya kegiatan sekolah lapang pengelolaan tanaman terpadu (SLPTT) padi sawah di Desa Pasigaran khususnya dan di wilayah BPP Tanjungsari pada umumnya, dapat meningkatkan produktifitas tanaman padi padi gogo sehingga program P2BN dapat tercapai.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites