~~~BALAI PENYULUHAN PERTANIAN (BPP) MODEL DI KABUPATEN SUMEDANG~~~

Sekolah Lapang P2KP

Untuk mendorong terwujudnya pola konsumsi pangan yang Beragam, Bergizi, Seimbang  dan aman ( B2SA) melalui  Gerakan Percepatan Penganekaragana Konsumsi Pangan ( P2KP), maka pemerintah melalui Badan Ketahanan Pangan Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BKP4K) Kabupaten Sumedang menurunkan program Sekolah Lapang Percepatan Penganekaragana Konsumsi Pangan ( SL-P2KP). Salah satu lokasi pelaksanaan SL-P2KP adalah di Wilayah BPP Tanjungsari, yaitu di Desa Margaluyu dan Desa Cinanjung Kecamatan Tanjungsari.
Kegiatan SL-P2KP diwujudkan dalam beberapa kegiatan utama yaitu Optimalisasi Pemanfaatan pekarangan melalui pemberdayaan Kelompok Wanita  Tani (KWT), serta Pengembangan Usaha Pengolahan Pangan Lokal berbasis tepung-tepungan. Kegiatan penunjang  berupa kerjasama dengan perguruan tinggi, Sosialisasi dan Promosi P2KP dan Pengembangan Pangan Lokal.
Program P2KP bertujuan untuk menfasilitasi dan mendorong terwujudnya pola konsumsi pangan B2SA, meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan perubahan sikap baik sikap aparat pemerintah, penyuluh pertanian, dan tokoh masyarakat terkait penaganekaragaman komsumsi pangan. Selain itu juga meningkatkan pengetahuan dan pola pikir terkait pengembangan pekarangan sebagai alternatif penyedia sumber pangan keluarga dan meningkatkan pemanfaatan pangan lokal seerta produk olahannya.
Tujuan lain dari P2KP adalah untuk mendukung hidup sehat, aktif dan produktif, meningkatkan skor Pola Pangan harapan (PPH) di Kabupaten Sumedang, menurunkan konsumsi beras serta sebagai upaya menurunkan angka kemiskinan dan menciptakan lapangan kerja sesuai potensi daerah.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites